Tuesday, February 17, 2015

Keindahan Salju Panas Dolok Tinggi Raja Di Wilayah Sumatera Utara

Pesona Salju Panas Dolok Tinggi Raja Di Sumatera Utara  


Pesona Salju Panas Dolok Tinggi Raja Di Sumatera Utara  KEINDAHAN SALJU PANAS DOLOK TINGGI RAJA DI WILAYAH SUMATERA UTARA

ReyGinaWisata - Tempat Wisata Salju Panas Dolok Tinggi Raja yakni sebuat objek wisata alam yang berada di Desa Dolok Merawan, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalumgun, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kawasan ini telah dilindungi semenjak tahun 1924 melalui keputusan bersama raja-raja Simalungun

Tempat Wisata Salju Dolok Tinggi Raja yakni sebuah tempat wisata yang eksotik dikawasan cagar alam seluas 176 hektar sementara luas kawah Salju Dolok Tinggi Raja mencapai 4 hektar yang berada daerah hutan hujan tropis dataran rendah yang subur dan hijau dengan komposisi pohon yang beraneka ragam. 

Pesona Salju Panas Dolok Tinggi Raja Di Sumatera Utara  KEINDAHAN SALJU PANAS DOLOK TINGGI RAJA DI WILAYAH SUMATERA UTARA

Potensi tumbuhan yang tumbuh di daerah ini di dominasi oleh Meranti (Shorea Parfiola), Kenari (Cannarium sp), Malu Tua (Tristia sp), Anggrek (Bulbophylum sp) Kantung Semar (Nephentes sp) serta Pandan (Pandanus sp) di tengah-tengah daerah hutan dengan pohon-pohon tinggi dan lebat. Walaupun menuju daerah wisata ini cukup sulit namun Anda akan di buat takjub bila memandang Pesona Keindahan Salju Panas Diolok Tinggi Raja dimana bukit kapur dan fatwa air panas menyatu membuat hamparan yang mirip salju. Sangat indah dan menakjubkan.

Di tempat ini Anda sanggup melaksanakan acara mandi di bak dibagian bawah kawah atau menikmati pemandangan alam sambil mengabadikan moment-moment yang indah dengan kamera Anda.

Keunikan dan pesona dari daerah ini yakni potensi sumber air panas yang berasal dari endapan-endapan kapur yang terbentuk dari proses geothermal yang mengandung welirang sehingga membentuk teras-teras tanah kapur yang mencapai luas sekitar 35 hektar. Aliran air panas yang menyatu dengan air sungai sanggup Anda manfaatkan untuk mandi alasannya airnya terasa hangat-hangat kuku.

Sumber air panas yang suhunya sanggup mencapai 90 derajad ini berasal dari celah-celah bukit kecil yang ada di sekeliling daerah tersebut. Air panas yang mengalir diantara bebatuan kapur membuat bebatuan tersebut berwarna putih higienis mirip salju. 

Pesona Salju Panas Dolok Tinggi Raja Di Sumatera Utara  KEINDAHAN SALJU PANAS DOLOK TINGGI RAJA DI WILAYAH SUMATERA UTARA

Bukit-bukit kapur yang dilalui air panas mengakibatkan daerah ini menjadi begitu unik dan menarik untuk di pandang dan di abadikan. Selain itu fatwa air panas yang melewati bebatuan yang diselimuti lumut hijau sanggup membuat sebuah karpet berwarna hijau keputihan yang sangat menggagumkan untuk dipandang.

Sementara itu pada bab atas kawah terdapat sebuah bak alam yang tidak terlalu lebar yang berisi gelembung air panas dari dasar kolam. Tetapi alasannya panasnya air serta rapuhnya bak mengakibatkan tempat ini dihentikan untuk Anda mandi atau berenang. Aliran air panas ini akan mengalir ke semak-semak yang mengering dan akan bermuara ke sebuah danau berwarna biru kehijauan.

Pada bab bawah tebing, Anda sanggup menikmati air bak yang berhawa sejuk dengan gerojokan kecil yang sanggup Anda gunakan menyegarkan diri sehabis lelah berjalan-jalan. Air dalam bak yang mengandung welirang ini dipercaya sanggup menyenbuhkan banyak sekali penyakit kulit mirip panu, kadas, kudis atau eksim.

Pesona Alam Salju Panas Dolok Tinggi Raja yang cukup unik akhir adanya geothermal yang masih aktif sanggup berpindah-pindah. Bukit-bukit hasil endapan kapur yang terlihat sudah tidak aktif lagi sewaktu-waktu sanggup aktif kembali. Hal ini menunjukkan kondisi geothermal dan bukit-bukit kapur tersebut tidak stabil 

Pesona Salju Panas Dolok Tinggi Raja Di Sumatera Utara  KEINDAHAN SALJU PANAS DOLOK TINGGI RAJA DI WILAYAH SUMATERA UTARA

Ketidakstabilan inilah yang mengakibatkan pinjaman daerah menjadi sangat penting untuk tetap di jaga kelestariannya demi kestabilan ekosistem hutan dan daerah sekitarnya.    

Akses menuju Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Jalur pertama yang sanggup Anda tempuh unuk menuju Salju Panas Dolok Tinggi Raja yakni melalu Medan - Lubuk Pakam - Galang - Dolok Raja Tinggi, Jalur yang kedua yakni melalui Masihul - Nagori - Dolok Tinggi Raja serta jalur ketiga melalui Medan - Lubuk Pakam - Galang - Bangun Purba - Dolok Tinggi Raja.

No comments:

Post a Comment